Kemurnian yang Ternoda

8:31 PM

Saya memiliki banyak pertanyaan selama ini. Dan, yah, pertanyaan itu baru mewujud menjadi sebuah 'pertanyaan' ketika saya memikirkannya.

Ada sesuatu yang mengusik pikiran saya, baru saja.

Dulu, saya suka membaca buku, dan masih sampai sekarang. Dulu, akses bacaan yang sedikit membuat saya puas hanya dengan membacanya. Terus berlanjut, sampai saya membeli sebuah buku sendiri. Rasanya, bahagia. Lalu mulai membeli buku lagi – lebih banyak buku. Dan saat ini, keinginan itu bertransformasi menjadi kebutuhan akan buku, walaupun saya akui, saya tidak membaca semuanya. Keinginan untuk memiliki. Hasrat murni untuk membaca berubah jadi hasrat untuk memiliki. Membaca lebih banyak saat tidak punya, membaca lebih sedikit ketika akhirnya ada. Ironi.

Lalu ada hal lain, yang berbeda namun (saya rasa) berhubungan. Mengenai blog yang saya urus. Saat ini, keinginan saya murni untuk menulis. Menulis, karena saya jarang bertemu orang lain untuk mengungkapkan pikiran saya, dan yah, karena menulis lebih enak bagi saya ketimbang berbicara. Namun, mungkinkah (sekali lagi, hanya kemungkinan) suatu saat nanti, keinginan saya menulis tercampur menjadi keinginan untuk mendapatkan hasil finansial? Apakah itu akan menjadi sebuah noda?

Akankah keinginan seperti di atas mencemari keinginan yang murni? Apakah hal itu adalah sesuatu yang lumrah terjadi karena manusia selalu merasa tidak puas? Apakah keinginan saya berbelok kepada arah yang salah? Apakah saya bisa kembali ke tujuan awal saya? Apakah salah jika tujuan saya berubah haluan? Dan jika itu terjadi, apa yang harus saya lakukan?

Saya belum tahu jawabannya – untuk saat ini. Mungkin saya akan menemukannya beberapa tahun ke depan.


Mungkin.