Saya Tidak Tahu Harus Kasih Judul Apa Meskipun Ini Juga Bisa Dianggap Judul

8:35 PM

Saya selalu bertanya-tanya tentang kalimat ini: "Cobalah sadar diri." Baiklah, saya tau secara definisi setiap kata 'coba', 'sadar', dan 'diri', tapi tetap saja saya tidak (atau belum?) mengerti sadar diri apa yang dimaksud.

Saya pengen cerita. Tadi, sewaktu perjalanan pulang dari warnet di desa sebelah, saya dan adik saya ngobrolin sesuatu yang ngga penting. Dia yang nyetir motor, saya yang duduk di belakangnya. Sampai akhirnya dia tanya, "Yuk, kamu sering begadang gitu, tapi kok gak kurus-kurus?" Saya melongo. Bukan pertanyaan dia yang membuat saya heran. Tapi pernyataan dia, "Yuk, kamu sering begadang..."

Sebentar. Saya ngga sadar (setidaknya waktu itu) kalo itu termasuk begadang. Ya, saya biasa membaca sampai larut malam – membaca apa aja yang saya temukan – sampai jam tiga pagi, biasanya. Setelah itu saya tidur, bangun lagi untuk sholat, dan tidur lagi sampai jam enam pagi.

Tapi bukan itu. Yang saya maksud adalah, saya tidak tahu saya begadang kalau adik saya tidak menyampaikan kalimat di atas.


Jadi, apakah itu 'sadar' yang dimaksud dalam kalimat, "Cobalah sadar diri"?